Entri Populer

Minggu, 16 September 2012

JURNAL PENJUALAN DAN FAKTUR PENJUALAN

Kebetulan dapat tugas presentasi tentang  Jurnal Penjualan (Sales Journal) dan Faktur Penjualan (Sales Invoice) , mungkin kalian sudah banyak yang tau tapi ga ada salahnya buat ingat-ingat lagi ya kan??
Langsung aja yukk...

JURNAL PENJUALAN (SALES JOURNAL)

1.     PENGERTIAN JURNAL PENJUALAN
Jurnal Penjualan adalah Jurnal yang digunakan khusus untuk mencatat transaksi penjualan secara kredit. Sumber pencatatan Jurnal Penjualan yaitu Faktur Penjualan. Posting Jurnal Penjualan ke Buku Besar biasanya dilakukan secara periodic, biasanya tiap akhir bulan. Bentuk Jurnal Penjualan sangat sederhana karena hanya memiliki satu kolom jumlah untuk akun Piutang Dagang dan akun Penjualan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dari gambar berikut :


Penjelasan kolom pada Jurnal Penjualan :

(A) Kolom Tanggal, diisi dengan tanggal, bulan dan tahun terjadinya transaksi.
(B) Kolom No. Faktur, diisi dengan no. copy faktur dari transaksi tersebut.
(C) Kolom Keterangan, diisi dengan Nama Debitur (Pihak perusahaan yang memiliki hutang kepada perusahaan kita).
(D) Kolom Ref (Referensi), diisi dengan tanda checklist (v) pada saat posting jurnal ke Buku Besar telah dilakukan.
(E) Kolom Jumlah, diisi dengan jumlah untuk piutang dagang dan penjualan.

Pengaruh adanya transaksi penjualan secara kredit antara lain ;

Pada dasarnya piutang dagang bersaldo normal di debet. Penjualan yang dilakukan secara kredit menimbulkan penambahan pada piutang dagang sehingga akun piutang dagang pada Jurnal Penjualan  berada di DEBET.
Saldo normal Penjualan berada di kredit. Penjualan secara kredit menimbulkan penambahan hasil penjualan sehingga pada Jurnal Penjualan berada di KREDIT. 
Jika Perusahaan membutuhkan data mengenai Hutang PPN dapat di tambahkan kolom PPN Keluaran di sebelah KREDIT. 

Pengertian dari PPN Keluaran sendiri adalah Pajak Pertambahan Nilai yang dipungut/ditarik oleh PKP (Pengusaha Kena Pajak) saatmenjual atau menyerahkan BKP(Barang Kena Pajak)/ JKP(Jasa Kena Pajak).

CONTOH JURNAL PENJUALAN DITAMBAH DENGAN KOLOM PPN
Contoh soal :
Pada tanggal 20 Desember 2008 PT. KURNIA menjual barang dagangan secara kredit kepada PD. MAJU JAYA seharga Rp 30.000.000,00 ppn 10 % dengan no. faktur SN.201 !

PT KURNIA
JURNAL PENJUALAN
Per 31 Desember 2008
TANGGAL
NO.FAKTUR
KETERANGAN
REF
DEBET
KREDIT
PIUTANG DAGANG
PPN KELUARAN
PENJUALAN
DES
20
SN.201
PT. KURNIA

Rp 33.000.000
Rp 3.000.000
Rp 33.000.000
2008
















* PPN keluaran diperoleh dari 10% * Rp 30.000.000 = Rp 3.000.000

FAKTUR PENJUALAN (Sales Invoice)

1.      PENGERTIAN
Faktur Penjualan adalah Formulir yang digunakan untuk mencatat tagihan atas barang yang telah dikirimkan penjual kepada customer/pelanggan.
Biasanya pembuatan faktur dibuat rangkap 3. Salinan pertama berwarna putih dan diserahkan kepada pembeli. Salinan kedua disimpan penjual setelah ditandatangani pembeli dan akan dijadikan lampiran saat penagihan dikemudian hari. Sedangkan salinan ketiga disimpan di dalam buku faktur.
Terkadang ada yang bertanya bagaimana cara membedakan faktur penjualan dengan faktur pembelian? Cara membedakannya dapat dilihat dari bagian kepala faktur. Jika pada kepala faktur diisi dengan nama perusahaan tempat kita bekerja maka itu faktur penjualan dan sebaliknya jika kepala faktur diisi dengan nama perusahaan orang lain maka itu faktur pembelian.

2.      HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PEMBUATAN FAKTUR :



Faktur penjualan dibuat berdasarkan dengan barang yang sudah dikirim/diserahkan kepada customer, tapi terkadang barang yang telah dikirim bisa ditolak oleh cutomer. Sehingga biasanya faktur penjulan dibuat setelah delivery order ditandatangani oleh penerima.

Dalam prosedur internal kontrol system akuntansi metode manual disarankan untuk membuat invoice di atas formulir dengan nomor urut tercetak. Sehingga menjamin tidak terjadinya nomor ganda dalam pembuatan Invoice.



3.      PENJELASAN KOLOM FAKTUR




Faktur Penjualan jika ditambah kolom PPN :




4.    CONTOH SOAL
Transaksi yang terjadi pada UD. PELANGI Bulan Juli 2008 :
5              Dijual barang dagangan kepada Toko Makmur Jl. Budi Utomo no 19, Depok syarat 2/10, n/30 dengan no. faktur  NF 225 ,yaitu berupa :
                4 set lemari @ Rp 2.550.000,-
                3 set meja makan @ Rp 2.000.000,-
                2 set meja belajar @ Rp 1.950.000,-
20           Dijual barang dagangan kepada Toko Karunia Jl. Mendut Barat no 85, Tangerang dengan no. faktur NF 226 syarat 2/15,n/30 berupa 2 set meja tamu @ Rp 2.000.000,-
                Buatlah Faktur penjualan dan jurnal penjualan dari transaksi diatas ! 
Jawaban :





Ok, Segini dulu yaa.. See yaa di artikel selanjutnya... Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar